KESEPONAN LEBIH PENTING UNTUK BERSOSIALISASI

dimana letak tutur sopannmu seolah engkau tak menghargai apa yang lebih tua darimu. engkau menertawakan senaknya saja seolah aku tidak mengerti bahasamu, memang aku tidak mengerti bahasamu tapi kita sebagai manusia, aku tahu tingkah lakumu. ya aku sangat memaklumi hal itu, karena engkau masih dalam tahap belajar, dalam tahap masa sekolah.. memang engkau masih dalam mempelajari tingkah laku sopan terhadap sesama manusia.

perlu kamu ketahui juga bahwa keseopanan itu lebih penting, karena saat engkau pada masa dewasa engkau banyak bersosialisasi dengan masyarakat baik itu bidang kerja, kuliah ataupun bisnis. belajar kesopanan juga sangat penting untuk melindungi dirimu dari segala mara bahaya dari orang yang tidak suka akan tingkah lakumu.

memang seolah ekpresiku tidak menunjukkan bahwa aku mengetahui tingkah lakumu, sebenernya dalam expressi diamku aku sangat mengetahui apa yang kamu lakukan, disaat aku menatap layar smartphone seolah engkau mencuri pandang dengan rasa gembira apa yang kau temukanan yang kau anggap lucu.

suatu saat engkau akan mengerti betapa kesopanan penting, disaat dirimu ingin dihargai orang lain maka tunjukkan tingkah lakumu yang menghargai, orang lain juga akan sungkan terhadapmu. bahkan jika kau menghargai orang lain, pasti suatu saat engkau akan mendapatkan rezeki yang barakoh entah dari mana datangnya.

memang semua itu membutuhkan proses belajar, tentunya dalam proses belajar engkau akan menemukan perbuatan buruk yang mungkin engkau sadari suatu saat, tapi tenanglah nikmatilah masa  sekolah karena suatu saat engkau akan usai dengan masa itu, tak lama lagi engkau juga akan bertemu dengan kehidupan nyata dimana engkau berusaha bertahan dalam garis hidup yang tak lagi juga mengandalkan orang tua, jadi sebelum terlambat  sayangilah orang tuamu dan berikanlah tingkat kesopanan lebih sopan dari pada apa yang kau lakukan dengan orang lain.


Baca Juga
WhatsApp Me Berikan masukan untuk konten yang lebih menarik dan berkualitas. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts