Belajar program plc tia portal sangat mudah dan cepat mulai dari 0 part 1



Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mampir di blog sederhana  ini, saya rasa kalian saat ini gencar-gencarnya belajar untuk memahami cara programming plc. Tenang saja, saya disini akan membagikan pengalaman saya dan bagaimana saya memprogram plc dengan software tia portal. Sebelum kamu memahami lebih lanjut belajar program plc, mohon izin kepada kalian semua untuk memperkenalkan diri saya terlebih dahulu.

Siapakah saya?
Perkenalkan nama saya Zainun Muzahidin merupakan seorang lulus smk negeri 1 pungging lebih dikenal masyarakat STM habibie. Saya lulusan smk tahun 2017 dan saat itulah saya mulai berkelana untuk mencari kerja yang berhubungan dengan jurusan smk yaitu jurusan listrik arus lemah. Berbagai lowongan yang menempel di BLK saya jelajahi satu persatu, singkat cerita saya mendapatkan kerja dan alhamdulilah lowongan pekerjaan ini saya rasa sangat tepat dengan basic jurusan smk saya, kemudian di hari berikutnya saya di tes untuk membuat rangkain dasar listrik sederhana dan disuruh merakit panel. Hingga telah tiba pengumuman hasil dari tes saya, alhamdulilah berjalan dengan lancar bahwa saya langsung diterima, tapi yang membuat tercengang saya ditempatkan di ibu kota yaitu jakarta. Tanpa pikir panjang saya langsung meng-Iyakan penawaran tersebut untuk ditempatkan dijakarta, saya langsung bergegas pulang dan meminta izin dari kedua orang tua saya untuk berkelana di jakarta. Setalah 2 bulan akhirnya saya berangkat, nah di pertengahan november 2017 saya mulai bekerja sebagai seorang electrical, disitulah ditempat kerja saya demi sedikit mendapatkan ilmu tentang program plc yang merupakan cita cita saya sebagai seorang programmer plc dan electrical professional.

Apabila kalian tertarik ingin belajar program plc langsung saja scroll kebawah tentang cara saya belajar program berdasarkan pengalaman 1 tahun ditempat kerja saya. Mungkin kalau ada yang salah mohon dikoreksi, karena saya bukanlah orang lulus sarjana atau ahli professional tapi  sedang otw untuk menjadi ahil professional heheheh. Disini saya hanya ingin membagikan pengalaman saya.


1.  Langkah pertama belajar program plc yaitu Memahami rangkain kontrol sederhana dengan    kontaktor atau relay

PLC merupakan singkatan dari programmable logic controller, sebelum memahami labih jauh agar kamu mudah belajar program plc saya sarankan kalian sudah paham merakit rangakain kontrol sederhana dengan kontaktor atau relay ( tanpa PLC). Bagi yang belum paham, mari kita pahami logic controller sederhana dibawah ini
A.      Jikan ditekan push button a, maka motor akan jalan
B.      Saat pompa jalan ada indikator yang nyala
C.      Saat pompa mati indikator juga ada indikator
D.      Jadi ada 2 indikator
E.       Untuk mematikan pompa menggunakan emergency stop

Nah dari logic diatas coba kamu buat rangkaiannya di software ekts ( downlod aja di google banyak) setelah itu kamu simulasikan logic diatas dengan software ekts. Kalau kurang paham kamu bisa lihat video dibawah ini tentang membuat logic dengan software ekts.



 Sampai disini saya  anggap kalian paham ya,,, kalau belum paham tentang membuat variasi rangkaian kontrol sederhana di EKTS kamu bisa simak di artikel selanjutnya.

2.   Langkah kedua belajar program plc yaitu mengkonversikan rangkain kontrol dalam bentuk leader program plc

Sebelum tahu tentang   belajar program tia portal, saya sarankan untuk mengetahui dulu bagaimana cara mengkonversikan rangkain kontrol ke dalam leader plc menggunakan software program zelio. Kalau belum punya software zelio kamu bisa cari di google sendiri ya. Bagi yang sangat belum mengetahui sama sekali tentang plc, saya jelaskan satu persatu lewat diagram dibawah ini.










Begitulah kira kira cara kerja plc, sekarang bagaimana mengkonversikan rangkain kontrol yang telah kalian buat tadi di software ekts, coba perhatikan gambar a
Gambar a


Gambar b



Di gambar b merupakan hasil dari convertnya bahwa pola susunannya hampir sama dengan yang diatas, tapi kalau kamu sudah menggunakan leader program dibawah ini kalian tidak perlu merakit rangkaian seperti di gambar a, kamu hanya sedikit merangkai digital input dan output ke channel plc (nanti kalau kalian sudah paham saya jelaskan ).

Untuk lebih jelasnya kamu lihat videonya dibawah cara convertnya





1.      Langkah ketiga bagaimana saya wiring plc
Pada dasarnya semua merk plc entah itu mitsubishi, omron, zelio (smart relay), siemens (tia portal)  cara kerjanya semuanya sama, maka dari disini kalian mendapatkan pondasi-pondasi penting memahami cara kerja plc, pada dasarnya plc ini memiliki digital input,digital output,analog input, analog output dan rtd, yang membedakan hanya berupa kode-kodenya kalian bisa belajar kodenya dari manual book plc yang  kalian pilih, terus yang membedakannya lagi adalah software program karena setiap merk plc memilik software programming yang  berbeda kalian bisa belajar dari manual book software. Nah langka ketiga ini kamu harus paham wiring digital input dan digital output, kalau  sudah paham maka tidak kesusahan untuk wiring di merk plc lain.

Cara wiring plc ( disini saya pakai gambar tangan ya soalnya males bikin gambar lewat software hehehe)


Gambar diatas kira-kira dasar wiring di semua merk plc, tapi sebelum wiring kalian lihat dulu manual book plcnya, untuk melihatan tegangan yang dibutuhkan untuk power plcnya, melihatat Com digital output butuh ditegangan berapa.


PENGENALAN SOFTWARE TIA PORTAL SIEMENS

Selamat kalian sudah memasuki tahap ini, pada tahap ini saya pastikan kalian sudah memahami dasar-dasar programming diatas yang saya jelaskan, disini saya menggunakan software tia portal versi 14. Kalian bisa mendownlodnya software di situs resminya siemens. Pada tahap ini kalian akan mengenali dasar-dasar pengenalan software tia portal

1.       Tampilan awal dari tia portal






pada gambar diatas kalian melihat beberapa menu penting
open existing project= untuk melihat daftar project yang baru saja kalian buat atau buka
create new project= untuk membuat project baru
migrate project= untuk migrasi project

untuk membuat project baru kalian klik menu create new project

2. tampilan kedua create new project


beri nama pada project kalian setelah itu klik project view pada pojok kiri bawah


3. tampilan ketiga layout project lembar kerja

4. tampilan keempat mengkonfigurasi type plc

-kalian klik add new device untuk menambahkan plc
-pilih type plc yang akan ditambahkan 

5. membuat leader program di software tia portal
sebagai pembelajaran, untuk logicnya menggunakan logic pada langkah pertama yang sudah saya paparkan diatas

6. membuat add new block
-kalau sudah memilih type plc, pilih program block
- pilih add new block
-pilih function seperti gambar dibawah ini

7. mapping membuat nama adress terlebih dahulu di data block
data block merupakan alamat dalam plc atau memory plc  biasanya digunakan untuk alamat HMI atau relay dalam
sebelum kalian membuat leader diagram, saya sarankan membuat alamatnya terlebih dahulu atau prosess ini disebut mapping, berikut langkah-langkahnya
- pilih add new block
-pilih data block
-pilih type adress 
bool= true dan false
real=bilangan rasional dan irasional
int=mempresentasikan bilangan bulat atau beberapa bagian dari bilangan bulat
struct= membuaat sub pemetaan dari adress.
lebih jelasnya lihatlah gambar dibawah ini

8. membuat logic program di function
setelah kalian berhasil membuat adress di data block, sekarang kalian saatnya membuat leader logic dan logicnya kalian bisa memakai di langkah pertama diatas seperti logic saat kalian buat di zelio dan inilah penampakan logic di tia portal sebelum diberi alamat
untuk memilih intruction kalian drag seperti pada gambar diatas yang diberi tanda merah


9. memberi nama alamat di logic leader
langkah selanjutnya setelah kamu berhasil membuat logic leader, saatnya untuk memberi nama agar logicnya dapat bekerja sesuai dengan perintah, caranya
-kalian klik tanda tanya pada intruction leader
-cari adrress yang sudah dibuat di data block tadi
-lihat gambar dibawah ini lebih jelas
10. menghidupkan relay digital output plc
kalau sudah berhasil membuat logic, saatnya untuk menghidupkan digital ouput agar nantinya output plc bisa mengeluarkan tegangan sesuai com yang berlaku sehingga bisa menghidupkan relay external, koil kontaktor, buzzer, lamp LED dan lain-lain. caranya
- buatlah tag plc atau adress digital output
- masuk device configuration
- setelah klik cpu plc
-kalian akan melihat  adress digital output dan digital input seperti dibawah ini
lingkaran merah atas merupakan digital input dan lingkaran bawah merupakan digital output

-saatnya memberi nama digital input dan digital output
-klik kanan cpu plc
-masuk ke properties
- sehingga tampilannya seperti ini

-klik io tags dan tampilan seperti ini

-kalau sudah berhasil, saatnya ketik nama yang diinginkan seperti gambar diatas
- kembali ke menu function untuk menuju leader logic
- beri alamat digital output seperti dibawah ini

penutup Belajar program plc tia portal sangat mudah dan cepat mulai dari 0 part 1
saya harap sampai disini kalian sudah memahami tentang membuat program sederhana di tia portal, tentunya masih banyak materi pemrograman yang akan saya bagikan di artikel selanjutnya. berikut materi-materi yang kalian harus pahami
1. membuat tampilan hmi
2. menghubungkan hmi dengan plc
3. membuat adresss hmi
4. scalling analog input menampilkan data sensor
5. memahami wiring plc siemens s7-1200
6.scalling analog output untuk memutar motor via inverter
7. downlod program to plc
8. uploud program from plc to pc
9. trouble shooting program
10. mengenal intruksi lebih dalam seperti move, scalling, conv, compare dan perbandingan

materi selanjurnya di part 2  yaitu cara mensimulasikan program yang kalian buat diatas dengan wincc runtime atau virtual HMI .



Baca Juga
WhatsApp Me Berikan masukan untuk konten yang lebih menarik dan berkualitas. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts