Bagaimana dan kemana saya setelah lulus sekolah smk, berjalan menuju tujan utama dengan memikirkan apa yang membuat kita yakin di jalan tersebut

Aku ingin memahami arti kehidupan dan untuk apa saya hidup part 3






Aku pasti bisa, pasti bisa dan saya tidak menyerah untuk menjalani perjalanan demi mencapai puncak keinginan dalam hidup. Terkadang teringat masa lalu di waktu sekolah sungguh cepatnya hidup ini, saat sekolah beban hidup hanya karena tugas sekolah, masalah percintaan disekolah dan jarang sekali yang memikirkan ekonomi  dan mungkin ada salah satu, tapi bersukurlah bagi kita yang tidak sampai kepikiran akan memegang kendali ekonomi keluarga, berarti beruntunglah kita karena terlahir dikeluarga yang bercukupan. Cobalah menoleh kebawah sejenak, sungguh banyak saudara kita yang tengah berjuang demi mengenyam pendidikan disekolah, bahkan tidak sedikit juga yang sampai putus sekolah akibat kehimpitan ruang ekonomi.

Saat lulus sekolah mungkin ada beberapa yang melanjutkan kuliah, ada juga yang langsung bekerja seperti saya ini. Dulu saya pas mau lulus di smk, tepatnya dikelas 12 saya berpikir keras bagaimana saya bisa kuliah di tempat universitas teratas. Demi hal itu tiba tiba terdobrak hati saya untuk lebih ngebut dalam belajar, mencari sana sini seribu materi dengan harapan memahami soal tes seleksi masuk universitas yang saya idamkan. Hingga suatu hari saya membeli 3 buku sekaligus, masing-masing buku yang saya beli sangat tebal sungguh banyak halamannya. Saat itulah saya mulai belajar materi demi materi, namun kenyataan ditengah belajar saya tidak sanggup memahami mengingat saya tidak begitu pintar, dalam hati saya apa mungkin saya bisa kuliah. Akhirnya secara spontan buku yang saya beli itu saya sumbangkan ke perpustakaan sekolah, mungkin dalam hati berbica ada anak lain bisa melanjutkan kuliah dengan menggali ilmu dari buku yang saya beli tadi.

Ada timbul berbagai debat dalam hati saya, apakah saya menyerah?, apakah saya tidak bisa kuliah? Bagaimana kalau tidak kuliah? Apa tujuan saya kuliah? Apa ekonomi keluarga saya mencukupi? Apakah saya mendapatkan beasiswa karena  saya pintar disekolah? Tapi saya ingin belajar ? belajar bagaimana yang tidak membutuhkan dana cukup besar?, mengingat ekonomi keluarga kurang untuk kuliah sementara saya tidak begitu pintar yang selalu mendapatkan rankingn dikelas. Banyak sekali pertanyaan yang muncul dalam diri saya, akhirnya saya ditengah malam saya merenung  memikirkan bagaimana mencari jawaban yang pas untuk mengakhiri dan memberi solusi atas perdebatan dalam hati saya, setelah merenung akhirnya saya menemukan jawaban sekaligus solusi yang tepat dan bisa membuat lebih percaya diri dan bertekad mantab atas jawaban yang saya temukan. Jawabannya adalah ‘’ bagaimana sekiranya saya dapat belajar dan bekerja, sehingga intinya belajarnya dapat dan pemasukan juga ada itung-itung demi sedikit membantu ekonomi keluarga saya.

Melihat pernyataan diatas, seolah –olah saya menyerah begitu saja akibat tujuan awal setelah lulus sekolah saya hendak melanjutkan ke kuliah, namun kenyataan ada beberapa faktor yang menyebabkan saya tidak yakin melanjutkan kuliah, tapi dari ketidakyakinan itu saya berfikir bagaimana tujuan utama saya tercapai dengan penuh keyakinan dan suka melakukan apa yang saya inginkan meskipun tidak lewat jalur kuliah, bagi kalian yang beruntung bisa melanjutkan kuliah dan memungkinkan untuk dengan keyakinan-keyakanin yang ada  maka lanjutkan dan tuntaskan kesenanganmu lewat jalan itu dan raih tujuan utamamu, lakukan sebaik-baiknya. Jalanlah berada pada jalurnya meskipun saat dijalan itu kita terkadang disuguhkan dengan kesenangan kemewahan ingin terpandang mewah di depan semua orang, tapi jangan sampai terlanjur kesenangan kemewahan yang membuat ditengah jalan kita menjadi tidak menikmati sebuah perjalanan dan merasa terbebani, ingat dalam perjalanannya kita memetik ilmu buka membawa kesenangan kemewahan yang akhirnya kita tidak dapat memetik ilmu karena uda merasa bangga dengan kemewahan yang akhirnya akan berujung pada penyesalan.

Baca Juga
WhatsApp Me Berikan masukan untuk konten yang lebih menarik dan berkualitas. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts